Tanda-Tanda Penyakit Hipertiroid Mulai Menyerang Tubuh

Tanda-Tanda Penyakit Hipertiroid – Hipertiroid / hyperthyroid merupakan jenis penyakit tiroid yang mungkin paling umum dan sering dikeluhkan. Namun, sebagian besar penderitanya ( termasuk Anda ) mungkin tidak menyadari akan gejala atau tanda gangguan tiroid ini.

Padahal, gangguan tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroid ini bisa menyebabkan komplikasi yang berujung pada kematian jika kondisinya dibiarkan dan tidak dilakukan tindak pengobatan yang cepat.

Tanda-Tanda Penyakit Hipertiroid Mulai Menyerang Tubuh

Maka dari itu, untuk pembahasan kali ini admin akan membahas mengenai ciri atau tanda penyakit hipertiroid mulai menyerang tubuh yang sudah seharusnya untuk diwaspadai, agar terhindar dari komplikasi serta bahaya hipertiroid yang mematikan. Simak penjelasannya!

Tanda-Tanda Penyakit Hipertiroid Mulai Menyerang Tubuh

Sekedar informasi saja untuk Anda, bahwa tiroid yang terlalu aktif dapat mempercepat metabolisme tubuh secara signifikan, sehingga dapat menimbulkan penurunan berat badan secara tiba-tiba, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, mengeluarkan keringat berlebihan, gelisah atau mudah tersinggung.

Tak jarang, kondisi hipertiroid juga menggambarkan bahwa Anda memiliki masalah kesehatan lain, hal ini tentu saja akan mempersulit dokter untuk mendiagnosa penyakit dengan tepat.

Namun dikutip dari beberapa artikel kesehatan terpercaya, bahwa ada tanda dan ciri-ciri penyakit hipertiroid yang bisa dikenali, yakni:

  • Adanya pembesaran pada bagian kelenjar tiroid atau bagian leher.
  • Merasakan detak jantung yang berdetak sangat kencang, dan sesak napas.
  • Sering buang air besar, 3-4 kali sehari (diare)
  • Sering merasa haus
  • Berat badan turun dengan cepat
  • Kedua mata menonjol, atau melotot (bagian hitam mata membesar) seperti dalam kondisi marah, padahal mereka merasa kondisinya biasa-biasa saja.
  • Muncul nyeri pada bagian tulang
  • Merasa lemas dan tidak bersemangat untuk memulai aktivitas
  • Berkeringat berlebih dan dalam jumlah yang tidak wajar
  • Rasa gemetar (tremor) pada tangan dan jari tangan
  • Kulit hangat, lembab, kuku kecil, rapuh, rambut tipis dan mudah rontok.

Pada wanita, hipertiroid juga bisa mengakibatkan gangguan menstruasi dan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, sehingga membuat Anda (penderitanya) relatif sulit untuk mendapatkan keturunan.

Di samping itu, efek lainnya juga bisa membuat libido menurun.

Jika Anda pernah, atau mungkin sering menemui gejala-gejala yang telah disebutkan diatas tadi, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mencegah dampak lebih lanjut dari penyakit hipertiroid.

Demikian penjelasan singkat yang dapat admin sampaikan pada pembahasan mengenai tanda-tanda hipertiroid kali ini, semoga bermanfaat.

Posted by : Obat hipertiroid

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cegah Hipertiroidisme Pada Remaja Dengan 6 Tips Mudah Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*