Gatal pada Penis yang Tak Kunjung Reda dan Hilang

Gatal pada Penis yang Tak Kunjung Reda dan Hilang

Rasa gatal pada area vital seperti halnya penis atau vagina tentu saja membuat siapa saja yang mengalaminya merasakan ketidaknyamanan. Karena rasa gatal yang ditimbulkan sungguh-sungguh menyiksa dan tak tertahankan.

Rasanya ingin menggaruk saat itu juga, tetapi tak bisa karena malu serta situasi yang notabene sedang tidak memungkinkan untuk menggaruk.

Jika sudah membuat ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas, mungkin ada sekelumit pertanyaan di benak Anda mengapa rasa gatal tersebut ada dan tak kunjung hilang .. Begini penjelasannya!

Gatal pada Penis yang Tak Kunjung Reda dan Hilang

Penyebab Rasa Gatal Di Penis yang Tak Kunjung Hilang

Kebanyakan penderita malu untuk mengungkapkan dan menceritakan kondisi tersebut ke dokter. Sehingga tak jarang, penderita lebih mengabaikan rasa gatal meski kondisinya sudah sangat mengganggu aktivitas.

Ya, pada umumnya gatal pada penis memang bisa reda dengan melakukan perawatan sendiri dan obat-obatan yang bisa dibeli secara bebas di warung atau apotek.

Tetapi jika rasa gatal tersebut tak kunjung reda, Anda baiknya tidak boleh menyepelekan karena kemungkinan kondisi tersebut di sebabkan oleh kondisi serius yang memerlukan perawatan khusus.

Rasa gatal yang tak kunjung reda dan hilang meski telah diberikan pengobatan, pada umumnya disebabkan oleh banyak faktor, beberapa di antaranya seperti:

  • Infeksi jamur ( Kandidiasis )

Meskipun pada umumnya tidak berbahaya, dan bisa ditangani dengan obat antijamur, tetapi infeksi jamur yang biasanya sering terjadi pada kepala penis ini akan semakin parah kondisinya jika Anda memiliki penyakit diabetes.

Selain rasa gatal, kandidiasis biasanya juga memiliki gejala lain seperti pembengkakan penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, sakit saat melakukan hubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan saat menarik kembali kulit kulup penis.

Sehingga memerlukan penanganan medis untuk bisa mengatasinya dengan tepat.

  • Infeksi menular seksual

Gatal pada area vital juga biasanya menhadi gejala dari infeksi menular seksual seperti halnya gonore ( kencing nanah ), klamidia, sifilis atau herpes genital.

Disamping kedua infeksi tersebut, penis gatal juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti halnya:
Kotoran penis atau smegma

  • Iritasi karena urine
  • Infeksi bakteri seperti tinea cruris
  • Kandungan dalam sabun mandi
  • Tingginya kadar gula darah dalam tubuh
  • Penyakit kulit seperti psoriasis, eksim dan lichen planus
  • Kudis

Tidak ingin kondisi-kondisi tersebut terus mengganggu kehidupan Anda bukan? Untuk itu jika Anda merasakan gatal pada penis, terutama yang tak kunjung hilang dalam jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya selain memeriksakan kondisi tersebut ke ahlinya.

Anda dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan penis agar tidak terjangkit bakteri, virus, atau jamur yang memicu peradangan dan infeksi yang menyebabkan gatal.

Dan kalaupun rasa gatal tersebut tetap ada, baiknya tidak dianjurkan untuk menggaruknya.

Karena dengan menggaruk, penis Anda kemungkinan bisa lecet dan memicu luka yang akan terasa perih dan menyakitkan.

Lakukan tips berikut ini untuk menghindari rasa gatal dan juga sebagai pencegahan agar gatal pada penis atau area vital pria hilang!

  1. Baiknya ganti pakaian dalam Anda setiap hari
  2. Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat
  3. Keringkan penis setelah mandi atau buang air kecil agar organ kelamin tidak lembap
  4. Cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa pewangi, tetapi hindari terlalu sering mencucui penis karena justru kegiatan ini bisa menyebabkan nyeri. Baiknya Anda lakukan hal ini satu hari sekali
  5. Selain penis, bersihkan juga area selangkangan, karena jamur bisa tumbuh di area lembap, hangat dan tidak ada udara seperti selangkangan
  6. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian basah
  7. Hindari membubuhkan bedak atau deodorant pada penis karena serbuk bedak dapat tinggal dibalik kulit kulup dan menyebabkan iritasi
  8. Jika ingin melakukan hubungan seksual, pastikan Anda menggunakan pengaman atau kondom dan hindari perilaku seks berisiko
  9. Cukupi kebutuhan air setiap harinya
  10. Pastikan Anda menggunakan handuk sendiri dan hindari berbagi handung dengan orang lain

Gatal pada penis akibat infeksi bisa memicu kekambuhan, terutama jika pengobatan tidak dilakukan dengan tuntas.

Untuk itu, baiknya Anda melakukan pengobatan secara tuntas, dengan disertai rutin menjaga kebersihan diri dan penis, serta menjalani gaya hidup sehat untuk membantu mencegah keluhan gatal pada penis.

Posted by : Gatal pada Penis yang Tak Kunjung Reda dan Hilang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*