Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid Berikut Pilihan Pengobatannya

Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid Berikut Pilihan Pengobatannya

Faktor risiko dan penyebab terjadinya nodul tiroid – Tak seperti penyakit pada umumnya, sebagian besar nodul tiroid tidak akan menimbulkan gejala apapun sehingga siapapun penderitanya tidak akan menyadari bahwa ada benjolan di dalam tenggorokan.

Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid Berikut Pilihan Pengobatannya

Meskipun penyakit nodul tiroid ini bukan masalah serius, tetapi jika benjolan ini sudah berukuran besar dengan disertai rasa sakit dan penuh ditenggorokan, kesulitan bernapas dan menelan, serta pembesaran pada leher, baiknya jangan dibiarkan dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan secepatnya!

Karena apa? selain dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan Anda, kondisi nodul tiroid yang tidak mendapatkan penanganan bisa memicu penyakit lebih serius yang berhubungan dengan tiroid, misalnya seperti hipertiroid dan kanker tiroid.

Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid

Kembali ke pokok pembahasan, sebenarnya ada berbagai hal yang dapatmenyebabkan munculnya benjolan atau nodul dalam tiroid. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Paparan radiasi

Jika Anda sering terpapar radiasi entah itu karena pengobatan atauhal lain, Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mengembangkan nodul tiroid.

  • Riwayat keluarga
  • Kekurangan yodium
  • Adenoma tiroid
  • Kista tiroid
  • Tiroiditis
  • Kanker tiroid

Serangkaian Terapi Pengobatan Nodul Tiroid Yang Bisa Dijalani

Umumnya ada beberapa jenis pemeriksaan yang biasa dilakukan dokter untuk melihat apakah ada nodul dalam tiroid Anda atau tidak. beberapa di antaranya seperti:

– Pemeriksaan fisik, biasanya Anda akan diminta untuk menelan. Dan pada waktu yang sama, dokter akan memeriksa tiroid Anda.

Normalnya, saat Anda menelan nodul pada kelenjar tiroid akan bergerak naik dan turun.

– Tes fungsi tiroid, Pemeriksaan jenis ini dilakukan guna mengukur kadar darah tiroiksin dan triiodothyronine (hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid), dan TSH (hormon yang dihasilkan kelenjar hipofisis).

Hal ini bisa menunjukkan apakah tiroid memproduksi tiroksin berlebih (hipertiroidisme) atau sebaliknya (hipotiroidisme).

– Tiroid scan, dapat membantu dokter untuk mengevaluasi nodul tiroid. Awalnya dokter akan menyuntikan sebuah isotop yodium radioaktif melalui pembuluh darah yang ada di lengan.

Setelah itu Anda akan disuruh berbaring di atas kasuk pemeriksaan dan dokter menggunakan kamera khusus yang digunakan untuk menampilkan gamab triodi pada laya komputer. Ketika Anda melakukan pemeriksaan ini, kemungkinan Anda akan merasa tidak nyaman di bagian leher karena Anda akan terkena sedikit paparan radiasi.

– Ultrasonografi, teknik pemeriksaan dengan gelombang suara berfrekuensi tinggi ini dapat menghasilkan gambar dari bagian tiroid, sehingga dapat menunjukkan bentuk dan struktur nodul, kondisi, jumlah, serta ukuran nodul.

– Fine-needle aspiration (FNA), Jenis pemeriksaan ini bisa membedakanmana nodul jinak dan ganas.

Umumnya,selama prosedur pemeriksaan dijalankan dokter akan menyisipkan jarum yang sangat tipis di nodul dan kemudian akan mengambil beberapa sampel kecil dari jaringan nodul tersebut untuk diuji di labolatorium.

Pada saat itu, dokter juga menggunakan USG untuk memandu penempatan jarum.

Nah, setelah Anda melakukan beberapa serangkaian pemeriksaan tersebut, selanjutnya dokter akan merujuk Anda pada pengobatan.

Dan pilihan pengobatan nodul tiroid bergantung pada jenis nodul tiroid mana yang Anda alami, apakah nodul tersebut jinak, ganas, atau mengembangkan masalah lain seperti hipertiroidisme.

Pilihan Pengobatan Nodul Tiroid

Jika nodul tiroid yang Anda miliki termasuk pada jenis nodul jinak dan tidak berpotensi menjadi kanker atau tidak membahayakan nyawa, biasanya dokter akan merujuk pada pemeriksaan secara berkala dan teratur, tanpa harus melakukan pengobatan.

Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid Berikut Pilihan PengobatannyaBiasanya Anda harus selalu melakukan pemeriksaan fisik dan tes fungsi tiroid guna memantau kondisi nodul dalam tiroid.

Anda juga dapat melakukan pengobatan seperti terapi penekanan hormon tiroid menggunakan obat pil (namun pengobatan ini belum ada bukti dapat menyusutkan ukuran nodul atau benjolan).

Tindakan operasi juga dapat dilakukan, terutama jika Anda khawatir ukuran nodul tersebut akan semakin membesar dan membuat Anda merasa kesulitan untuk menelan dan bernapas.

Sedangkan jika nodul tiroid yang dimiliki termasuk ganas dan mengandung sel kanker, pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati jenis benjolan ini adalah dengan melakukan pembedahan (operasi).

Namun yang harus Anda tahu bahwa pengobatan nodul tiroid yang bersifat ganas dengan jalan pembedahan ini memiliki risiko yang cukup membuat Anda rugi, karena nodul akan diangkat bersama dengan sebagian besar jaringan tiroid.

Sehingga dapat merusak saraf yang mengendalikan pita suara dan merusak kelenjar paratiroid, serta empat kelenjar kecil yang terletak di belakang kelenjar tiroid.

Tak hanya itu, Anda juga diharuskan untuk melakukan pengobatan seumur hidup dengan menggunakan levothyroxine yang dapat memberi pasokan pada tubuh Anda dengan jumlah normal hormon tiroid.


Nah, demikianlah serangkaian pemeriksaan dan pengobatan benjolan atau nodul tiroid yang dapat Anda lakukan guna mendapatkan kesembuhan dari penyakit nodul tiroid dan mencegah agar nodul tiroid tidak membesar dan berpotensi kanker.

Semoga dengan adanya informasi ini menambah pengetahuan Anda perihal penyebab dan pengobatan apa saja yang bisa dilakukan untuk terbebas dari penyakit yang merugikan tersebut.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikelnya sampai habis. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Rekomendasi Pengobatan Nodul Tiroid Alami dan Aman – Terbukti Efektif Tanpa Operasi!

Posted by : Faktor Risiko dan Penyebab Terjadinya Nodul Tiroid Berikut Pilihan Pengobatannya

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Cara Mencegah dan Mengobati Badai Tiroid Secara Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*