Faktor Penyebab Terjadinya Hipertiroid

Faktor Penyebab Terjadinya Hipertiroid – Telah kita ketahui sebelumnya bahwa hipertiroid merupakan sebuah kondisi di mana terjadinya kelebihan produksi hormon tiroid.

Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa terjadinya penurunan berat badan, jantung berdebar-debar, mata menonjol, gelisah, mudah marah, tremor atau gemetaran, dan lain sebagainya.

Faktor Penyebab Terjadinya Hipertiroid

Menurut Tru Juli Edi Tarigan, seorang ahli endokrin dari FKUI-RSCM melalui media Kompas Health menyatakan bahwa sampai saat ini penyebab awal mengapa produksi dan distribusi hormon tiroid berlebihan masih belum diketahui.

Namun ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan perubahan terhadap produksi atau distirbusi hormon tiroid, beberapa di antaranya adalah penyakit Graves dan TMNG (Toxic Multinodular Goiter). Berikut informasi lebih jelasnya!

Faktor Penyebab Terjadinya Hipertiroid atau hipertiroidisme

  • Penyakit Graves

Graves merupakan penyakit autoimun, di mana tubuh membuat antibodi yang disebut thyroid stimulating immunoglobulin ( TSI ) yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Penyakit Graves juga bisa terjadi karena adanya gondok beracun yang merupakan benjolan atau nodul pada kelenjar tiroid yang menyebabkan tiroid memproduksi hormon tiroid dalam jumlah berlebihan, sehingga terjadilah hipertiroid.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi yodium

Yodium memang salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, tetapi jika Anda mengkonsumsi makanan beryodium tinggi secara berlebihan tentu saja memiliki dampak yang buruk bagi tubuh.

Salah satunya adalah menyebabkan produksi hormon tiroid di dalam tubuh terlalu banyak, sehingga menimbulkan hipertiroid.

  • Masalah tiroiditis

Tiroiditis diakibatkan oleh masuknya bakteri atau kuman ke dalam kelenjar tiroid, sehingga memicu terjadinya kebocoran pada bagian hormon tiroiksin yang berakibat terpacunya produksi dan jumlah hormon.

Kebocoran yang tidak terkontrol ini nantinya bisa menyebabkan hipertiroid.

  • Efek samping obat

Penyakit hipertiroid juga bisa terjadi karena penggunaan obat tertentu yang memiliki efek samping meningkatkan produksi hormon tiroid. Contohnya seperti makanan atau suplemen yang mengandung iodine.

  • Tumor yang menyebabkan produksi TSH yang tidak sesuai

Produksi TSH yang tidak sesuai atau abnormal dapat menyebabkan timbulnya tumor pada kelenjar hipofisis. Dan jika kondisi ini terjadi dapat merangsang kelenjar tiroid mengeluarkan T3 dan T4 lebih banyak dari keadaan normal sehingga akan timbul hipertiroid.

  • Kehamilan

Sebagian besar penyakit hipertiroid memang banyak menyerang wanita dibanding pria, terutama saat hamil wanita mengalami peningkatan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

Hormon ini dapat memicu terjadinya hipertiroid, khususnya pada kehamilan kembar dan pada kasus hamil anggur, di mana terdapat kadar hCG yang tinggi.

Namun, untuk mengetahui penyebab jelasnya diperlukan pemeriksaan dokter lebih lanjut.

Dokter biasanya akan memeriksa organ tiroid.

Pada beberapa kasus yang mengalami pembesaran, Anda akan mendapat pemeriksaan darah dan USG leher untuk mengetahui ukuran dan ketebalan kelenjar tiroid, serta risiko tumor.

Namun, jika penyakit tersebut sudah termasuk dalam kategori parah dan memang sudah tidak bisa dilakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan oral, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipertiroid adalah dengan melakukan operasi.

Perlu diingat! jika Anda memutuskan untuk mengambil jalan operasi sebagai jalan untuk mendapatkan kesembuhan, maka disarankan untuk mengangkat seluruh kelenjar tiroid yang ada agar penyakit tidak kambuh lagi.

Namun begitu, bagi Anda yang menjalani operasi memiliki risiko harus mengkonsumsi obat seumur hidup agar kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dapat ditangani.

Demikian informasi mengenai faktor penyebab terjadinya hipertiroid yang dapat admin sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit ini.

Menderita hipertiroid dengan gejala ringan atau berat?

Tidak ingin seumur hidup Anda mengkonsumsi obat-obatan yang justru dapat merusak organ tubuh lainnya?

Cari tahu obat hipertiroid alami tanpa operasi, di sini!

Posted by : Faktor Penyebab Terjadinya Hipertiroid

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*