7 Faktor Penyebab Iritasi Mata dan Kiat Pencegahannya

Faktor penyebab iritasi mata – Iritasi pada mata umumnya ditandai dengan gejala seperti mata merah, terasa gatal dan bengkak.

Meski gejalanya dapat hilang dalam beberapa minggu, tetapi tetap saja gejala iritasi mata sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga diperlukan penanganan tepat untuk segera mendapatkan kesembuhan dari penyakit tersebut.

Penyebab Iritasi Mata

Penyebab Iritasi pada Mata

Selain orang dewasa, iritasi mata juga rentan dialami oleh anak-anak. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, beberapa di antaranya meliputi:

  1. Alergi

Pada beberapa orang yang rentan terkena alergi, reaksi yang umumnya ditimbulkan ialah berupa mata gatal, merah dan berair. Peradangan pada lapisan lendir akan menutupi bagian putih mata.

2. Kemasukan benda asing

Benda asing seperti pasir atau debu yang masuk ke mata dapat menyebabkan mata kelilipan dan berair.

Hal ini karena benda-benda asing tersebut menggores kornea sehingga memicu gejala seperti kemerahan, mata berair, serta sensitivitas terhadap cahaya.

Jika iritasi mata yang Anda alami semakin tidak tertahankan Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Ingat, jangan mengucek atau menyentuh mata untuk mengeluarkan benda asing tersebut karena akan semakin mengiritasi mata Anda.

3. Iritan

Hal lain yang bisa menyebabkan iritasi pada mata ialah asap rokok,udara dalam ruangan, serta kaporit dalam kolam renang. Jika hal ini terjadi pada mata Anda bersihkan mata dengan air bersih dan hangat.

4. Infeksi

Konjungtivitas yakni suatu penyakit mata yang disebabkan bakteri atau virus yang membuat mata merah, gatal hingga bintitan.

5. Makeup mata dengan pemakaian jangka panjang

Iritasi mata juga bisa disebabkan oleh riasan mata yang dipakai sehari-hari bahkan lupa untuk membersihkannya dengan baik.

Jika iritasi mata akibat penggunaan makeup mata biasanya ditandai dengan kemerahan, mata berair, nyeri, sensitivitas terhadap cahaya, serta penglihatan kabur.

Sensasi mata kering seperti ada yang mengganjal pun bisa menjadi salah satu tanda jika mata Anda teriritasi.

6. Lensa kontak

Pemakaian lensa kontak juga dapat mengiritasi kornea mata. Dalam waktu lama, hal ini bisa membuat mata kering.

Ganti dengan yang baru jika lensa kontak yang Anda gunakan menyebabkan iritasi mata.

7. Kondisi medis tertentu

Blepharitis yakni suatu kondisi medis yang mencakup peradangan kelopak mata juga bisa menjadi faktor penyebab iritasi mata. Selain kemerahan dan gatal, iritasi mata yang diakibatkan kondisi ini biasanya di tandai dengan:

  • Munculnya kerak pada bulu mata
  • Kulit di area kelopak mata mengelupas
  • Merasa seperti ada yang mengganjal pada mata

Tips dan Kiat Mudah Mencegah Iritasi Mata

Guna mencegah serta menjaga kesehatan pada mata agar tidak terjadi iritasi, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Jaga kelembaban mata
  • Jaga kebersihan mata, seperti sering membersihkan maskara dan jangan berbagi riasan mata dengan orang lain
  • Kenakan kacamata hitam dan masker pelindung jika diperlukan
  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh mata
  • Rawat dan jaga kebersihan lensa kontak

Baca juga : Obat alami iritasi kronis pada mata

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*